Rabu, 11 Juli 2012

5 Tips Memasak Makanan Rendah Kolesterol



Menjaga tingkat kolesterol dalam darah bukan berarti mengurangi cita rasa makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa cara agar resep makanan favorit keluarga Anda bisa diubah menjadi lebih sehat dengan mengganti bahan masakannya dengan bahan yang lebih rendah lemak, yaitu:


1. Gunakan lebih sedikit lemak

Bila resep Anda menyebutkan penggunakan 2 sendok makan mentega, kurangi saja menjadi 1 sendok makan mentega. Gantikan penggunaan mentega yang terlalu banyak dengan penambahan rasa dari rempah-rempah atau minyak sayur tak jenuh.

2. Menggunakan daging yang mengandung sedikit lemak

Gantikan daging merah dengan banyak lemak dengan daging yang tidak berlemak seperti ikan, kerang-kerangan, ayam tanpa kulit, kalkun, kelinci, atau daging sapi yang telah dihilangkan lemaknya. Hindari daging yang telah diproses seperti hot dog ataupun kornet, karena daging yang telah diproses biasanya mengandung banyak garam.

3. Memasak dengan lebih sehat

-   Hindari makanan gorengan. Memasaklah lebih sehat dengan cara memanggang, membakar, mengukus, merebus, atau menumis dengan  sedikit minyak.

-    Gunakan wajan anti lengket, sehingga saat memasak Anda tidak perlu menggunakan banyak minyak

4. Gantikan protein hewani dengan protein nabati

Sesekali, jadikan bahan makanan dari protein nabati bintang dari sajian masakan keluarga Anda. Gantikan daging merah dengan tahu atau kacang-kacangan. Sayur sebagai menu utama juga lebih sehat. Lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan perubahan menu ini.

5. Hindari makanan dalam kemasan

Makanan siap jadi dalam kemasan seperti saus siap makan atau nasi instan biasanya mengandung lebih banyak lemak. Karena itu, biasakan menyajikan makanan segar untuk keluarga Anda.

Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar