Senin, 18 Juni 2012

Resep Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Part 1

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan utama bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan. Selama masa menyusui, seorang ibu biasanya memproduksi ASI kurang lebih 800-850 ml per hari. Pada umumnya, dalam 100 gram ASI terkandung kalori 60 ml kal dan protein 1,2 gram. Komponen nutrisi ini berasal dari sari makanan yang dikonsumsi ibu. Produksi ASI akan lancar jika kebutuhan gizi ibu tercukupi. Oleh karena itu, ibu menyusui harus cermat dalam menyusun pola makan.

Selain pola makan yang seimbang, ibu menyusui juga harus cermat dalam memilih bahan makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Ibu menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran tertentu seperti daun katuk dapat melancarkan produksi ASI karena mengandung laktagogum. Daun katuk juga kaya betakaroten (provitamin A), vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium yang penting bagi ibu menyusui. Penguasaan tentang menu-menu sehat tentu akan berguna bagi ibu menyusui.

Bahan makanan lain yang juga bermanfaat bagi ibu menyusui di antaranya: protein hewani (udang, ayam, daging, dan ikan), protein nabati (tahu dan tempe), sayuran hijau (daun singkong, bokcoy, dan bayam), dan kacang-kacangan (kacang panjang, kacang kedelai, dan kacang merah)

Lebih lanjut baca  Nutrisi Penting Untuk Ibu Menyusui. :


Nutrisi Penting Untuk Ibu Menyusui

ibumenyusui Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan. Kualitas ASI sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi ibu. Berikut inin beberapa bahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu menyusui.
Protein Hewani
Bahan-bahan makanan seperti udang, ayam, daging, dan ikan merupakan contoh bahan makanan yang kaya protein hewani. Protein yang berasal dari hewan ini berfungsi sebagai sel pembangun dan membantu meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung protein hewani.
Protein Nabati
Saat menyusui, seorang ibu sebaiknya banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung protein nabati. Tahu dan tempe adalah contoh bahan makanan yang mengandung protein nabati dengan harga terjangkau. Protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ini berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein nabati mengandung serat makanan yang membantu melancarkan proses pencernaan.
Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung karoten (provitamin A). Kandungan beta karoten pada sayuran mencegah resiko penyakit kanker dan meningkatkan fungsi paru-paru. Sayuran juga mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kekebalan tubuh. Contoh sayuran hijau adalah daun singkong, bokcoy, dan bayam.
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kandungan gizi tinggi dan merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik. Selain murah, juga mudah didapat. Contoh bahan makanan yang termasuk keluarga kacang-kacangan adalah kacang panjang, kacang kedelai, dan kacang merah.
Untuk mengoptimalkan kesehatan dan perkembangan tubuh bayi, konsumsi juga menu makanan bayi sehat.

Berikut ini Resep Masakan Ibu Menyusui Part 1 yang tersedia di sini :

Resep Buncis Siram Daging

 

 Selamat mencoba!
Buncis merupakan sayuran yang kaya gizi. Selain mengandung vitamin dan mineral, buncis juga mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Setiap 100 gram buncis mengandung protein 2.4 gram, lemak 0.3 gram, karbohidrat 7.2 gram, serat 1.9 gram, kalsium 101 mg, dan fosfor 42 mg.
 
Jumlah Porsi per Hidangan: 4 porsi
Perkiraan Durasi Memasak: (tidak tersedia)
Tingkat Kesulitan: Sedang
Kandungan Gizi per Porsi:
Kalori Per Porsi: 285.4 kkal
 
cooking ingredients
Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Buncis Siram Daging. Harap perhatikan baik-baik jumlah takarannya ya, agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.
Bahan Yang Dibutuhkan
  • 250 gram buncis muda, potong-potong
  • 4 sdm minyak goreng
  • 60 gram bawang bombay, potong korek api
  • 50 gram paprika merah, potong dadu
  • 150 gram daging sapi cincang
  • 60 ml air
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
Bumbu Dihaluskan
  • 3 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
cooking
Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan hidangan Buncis Siram Daging. Perhatikan setiap langkah dengan cermat, terutama pada hal-hal yang menyangkut waktu / durasi pemrosesan dan takarannya. Jangan sampai masakan / minuman Anda gagal hanya gara-gara kurang teliti.
Cara Membuat
  • Rebus buncis hingga matang, angkat, sisihkan.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan, bawang bombay, paprika hingga harum.
  • Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna. Tuang air, saus tomat, dan kecap manis. Setelah masak, angkat. Atur buncis rebus di dalam pinggan saji. Sesaat sebelum dihidangkan, siram dengan tumisan daging cincang.

 Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar